Cara Mengatasi File Explorer Not Responding Windows

Masalah File Explorer yang Tidak Merespon

Sobat OkeWarta, ketika kita membuka file explorer di komputer Windows, seringkali kita mengalami masalah dimana aplikasi file explorer menjadi tidak merespon atau hang. Hal ini tentu sangat mengganggu dan menyulitkan karena kita tidak dapat mengakses atau memindahkan file dengan lancar. Apa yang menyebabkan masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita cari tahu.

Penjelasan dan Solusi

1. Restart File Explorer dengan Task Manager 🔄

Jika file explorer tidak merespon, salah satu cara cepat untuk mengatasinya adalah dengan me-restart aplikasi menggunakan Task Manager. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Esc, pilih tab “Processes”, temukan “Windows Explorer”, klik kanan, dan pilih “Restart”.

2. Gunakan Fitur SFC (System File Checker) 🛡️

Jika masalah terjadi karena file sistem yang rusak, kita dapat menggunakan fitur SFC untuk memperbaikinya. Caranya adalah dengan menjalankan Command Prompt sebagai administrator, ketikkan “sfc /scannow”, dan tunggu prosesnya selesai.

3. Hapus File Explorer History 🗑️

Terkadang, file history yang terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kinerja file explorer. Untuk mengatasinya, kita dapat menghapus history file explorer. Caranya adalah dengan membuka file explorer, pilih “File” di pojok kiri atas, pilih “Change folder and search options”, pilih tab “View”, dan klik “Clear” di bawah “Clear File Explorer history”.

4. Perbarui Driver Sistem 🔄

Driver yang usang atau tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah pada file explorer. Untuk mengatasinya, kita dapat memperbarui driver sistem. Caranya adalah dengan membuka “Device Manager”, klik kanan pada “Computer”, dan pilih “Scan for hardware changes”.

5. Nonaktifkan Antivirus Sementara 🛡️

Antivirus yang terlalu ketat dapat mengganggu kinerja file explorer. Untuk sementara waktu, kita dapat mematikan antivirus dan melihat apakah ini memperbaiki masalah. Jangan lupa untuk mengaktifkannya kembali setelah selesai.

6. Periksa Hard Disk 💽

Jika hard disk kita bermasalah, ini dapat menyebabkan masalah pada file explorer. Untuk memeriksanya, kita dapat menggunakan fitur CHKDSK. Caranya adalah dengan menjalankan Command Prompt sebagai administrator, ketikkan “chkdsk /f /r /x”, dan tunggu prosesnya selesai.

7. Gunakan Fitur Disk Cleanup 🗑️

Banyak file yang tidak terpakai dapat menumpuk di sistem kita dan mempengaruhi kinerja file explorer. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan fitur Disk Cleanup yang tersedia di komputer Windows. Caranya adalah dengan mengetikkan “disk cleanup” di kolom pencarian di Start Menu dan ikuti instruksinya.

Tabel: Cara Mengatasi File Explorer Not Responding Windows

No. Cara Mengatasi
1 Restart File Explorer dengan Task Manager
2 Gunakan Fitur SFC (System File Checker)
3 Hapus File Explorer History
4 Perbarui Driver Sistem
5 Nonaktifkan Antivirus Sementara
6 Periksa Hard Disk
7 Gunakan Fitur Disk Cleanup

FAQ

Apa yang menyebabkan file explorer tidak merespon?

File explorer dapat tidak merespon karena berbagai alasan, seperti file sistem yang rusak, driver yang usang, dan antivirus yang terlalu ketat.

Apakah ada cara cepat untuk mengatasi file explorer yang tidak merespon?

Ya, salah satu cara cepat adalah dengan me-restart file explorer menggunakan Task Manager.

Apakah menghapus history file explorer dapat membantu mengatasi masalah?

Ya, terkadang history file explorer yang terlalu banyak dapat mempengaruhi kinerja aplikasi dan menghapusnya dapat membantu mengatasi masalah.

Bagaimana cara memeriksa hard disk?

Kita dapat menggunakan fitur CHKDSK untuk memeriksa hard disk. Caranya adalah dengan menjalankan Command Prompt sebagai administrator, ketikkan “chkdsk /f /r /x”, dan tunggu prosesnya selesai.

Apakah fitur Disk Cleanup dapat membantu mengatasi masalah file explorer?

Ya, fitur Disk Cleanup dapat membantu mengatasi masalah karena banyak file yang tidak terpakai dapat menumpuk di sistem dan mempengaruhi kinerja aplikasi.

Apakah sementara mematikan antivirus dapat membantu mengatasi masalah?

Ya, terkadang antivirus yang terlalu ketat dapat mengganggu kinerja aplikasi dan sementara mematikannya dapat membantu mengatasi masalah. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah selesai.

Apakah semua file history harus dihapus?

Tidak, kita dapat memilih untuk menghapus file history yang sudah tidak dibutuhkan saja dan menyimpan file history yang masih dibutuhkan.

Apakah menggunakan fitur SFC dapat membantu memperbaiki file sistem yang rusak?

Ya, fitur SFC dapat membantu memperbaiki file sistem yang rusak dengan cara menjalankan scan dan memperbaiki file yang rusak.

Bagaimana cara memperbarui driver sistem?

Kita dapat memperbarui driver sistem dengan membuka “Device Manager”, klik kanan pada “Computer”, dan pilih “Scan for hardware changes”.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Disk Cleanup?

Kita dapat mengetikkan “disk cleanup” di kolom pencarian di Start Menu dan ikuti instruksinya untuk mengaktifkan fitur Disk Cleanup.

Apakah restart komputer dapat membantu mengatasi masalah file explorer?

Ya, terkadang restart komputer dapat membantu mengatasi masalah pada file explorer karena dapat membersihkan sisa-sisa proses yang berjalan dan memulai ulang sistem.

Bagaimana cara menggunakan Task Manager?

Kita dapat membuka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Esc dan menggunakannya untuk me-restart aplikasi atau mematikan proses yang tidak merespon.

Apakah semua driver harus diperbarui?

Tidak, kita hanya perlu memperbarui driver yang usang atau tidak kompatibel dengan sistem.

Apakah fitur SFC dapat digunakan untuk memperbaiki masalah lain di sistem?

Ya, fitur SFC dapat digunakan untuk memperbaiki masalah lain di sistem selain file sistem yang rusak.

Kesimpulan

Dalam mengatasi masalah file explorer yang tidak merespon, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti me-restart file explorer dengan Task Manager, menggunakan fitur SFC, menghapus file explorer history, memperbarui driver sistem, nonaktifkan antivirus sementara, memeriksa hard disk, dan menggunakan fitur Disk Cleanup. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, dengan mengetahui penyebab masalah dan memilih cara yang tepat, kita dapat mengatasi masalah dengan mudah dan menjaga kinerja komputer Windows kita tetap optimal.

Jadi, jika Sobat OkeWarta mengalami masalah dengan file explorer, jangan panik dan coba langkah-langkah di atas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunjungi toko reparasi komputer.

Disclaimer

Informasi yang disampaikan dalam artikel ini hanya sebagai referensi dan bukan sebagai pengganti konsultasi dengan ahli teknologi. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini.